Cara Bekerja Sama Dengan Influencer Untuk Bisnis Anda

apa itu influencer

Subscribe blog kami dan dapatkan perspektif baru tentang pengelolaan bisnis dan keuangan. Rangkuman konten-konten pilihan untuk menjawab semua kebutuhan usaha Anda. Akhirnya, influencer mikro sangat hemat biaya, terutama untuk usaha kecil atau merek yang ingin mengaktifkan kampanye pemasaran influencer, tetapi tidak dapat menginvestasikan anggaran besar di muka. Untuk itu, influencer harus pandai mengelola waktu agar tak terasa kerja setiap saat. Seorang influencer bisa membuat aturan dan jarak waktu mengunggah konten, sehingga bisa memperkirakan jadwal jam kerja untuk diri sendiri.

apa itu influencer

Pertimbangan kedua yang harus dipikirkan secara matang adalah mengenai ketersediaan budget kamu. Tidak mungkin mengalokasikan seluruh dana tim marketing untuk endorse influencer, sehingga sangat penting dalam menentukan dana maksimal yang harus digelontorkan guna menyewa influencer. Setelah kandidat semakin mengerucut, coba lihat reputasi yang paling baik di antara mereka. ‘Baik’ itu berarti rasio antara followers dan engagement—seperti komentar dan likes—tidak terlalu jauh, serta kolom komentar tidak dipenuhi dengan kalimat-kalimat negatif. Dengan testimoni yang diberikan—disebut pula endorse—para pengikut bisa mulai mencari tahu tentang produk tersebut tanpa merasa was-was terkena tipu. Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, dengan pengikut yang mereka miliki, para pengembang bisnis bisa dengan cepat dan mudah membidik target pasar yang hendak dituju. Hal ini—tentunya—selama pengembang bisnis mengetahui target pasar yang diinginkan.

Menurut Nielsen, para stasiun TV di Indonesia menghabiskan uang sebesar Rp145 triliun Rupiah untuk pemasangan iklan di tahun 2018. yang akan sangat membantu bagi bisnismu, baik bisnis baru maupun dunia industri. Kepercayaan yang bisa di capai cukup besar di kalangan pengguna sosial media. yang tidak mengambil tarif sebagai ganti mendapatkan produk atau jasa tersebut secara gratis. Kecuali, memang hanya ingin bekerja sama dengan selebriti dimana audiensnya akan lebih luas.

Cara mengasah kreativitas bisa dimulai dengan menonton konten dari influencer lain untuk memperkaya referensi. Bahkan, kalau perlu influencer juga bisa belajar cara pengambilan gambar yang baik, kemampuan bercerita, sampai video editing.

Hal itu dikarenakan ruang-ruang publik sekarang tidak lagi dipenuhi media mainstream, tetapi juga media sosial yang sama-sama memengaruhi dan berusaha meyakinkan publik terhadap satu atau lain isu. Menurut dia, fenomena buzzer sebenarnya sama seperti ketika media sosial pertama kali dijadikan ajang untuk perang opini dan berusaha memenangkan opini publik. KOMPAS. com – Penggunaan jasa influencer oleh pemerintah dikabarkan menyedot dana yang tidak sedikit. Surat perjanjian tersebut memiliki kekuatan hukum, sehingga harus diselesaikan dengan hati-hati. Bahkan di dalam surat perjanjian tersebut, kamu perlu mencantumkan juga jumlah postingan yang harus ditampilkan oleh sang influencer.

Melakukan social media marketing memang membutuhkan waktu dan kesabaran. Menjangkau audience melalui postingan organik sekarang sudah tidak semudah dulu. Social media sekarang lebih mendorong Anda untuk menggunakan advertising. Atas alasan tersebut, tidak ada salahnya Anda mencoba menjalin kerja sama dengan influencer untuk menggedor promosi penjualan Anda. Seorang influencer dianggap berhasil jika produk yang dipromosikan menghasilkan konversi yang tinggi. Belakangan, penggunaan jasa influencer oleh pemerintah sedang marak dibahas oleh publik.

Karena itu, banyak pelaku usaha terutama dari UMKM yang lebih mengandalkan jasa influencer karena mereka bisa memberikan efek yang besar dengan tarif yang terjangkau bagi setiap pelaku usaha. Dana yang dikeluarkan juga cenderung lebih kecil dari dana iklan di TV. Biaya iklan yang dibutuhkan untuk menyewa seorang influencer hanya 10% dari dana yang dibutuhkan. Mereka menghabiskan waktu dari 30 detik hingga 60 detik untuk iklan.

Cantumkan mengenai kapan pembayaran akan dilakukan setelah memenuhi seluruh kondisi yang ada dalam kesepakatan kerjasama. Ingat tidak hanya kamu yang menawarkan kolaborasi bersama dengan influencer tersebut. Apabila pada saat perhitungan, anggaran dana yang harus dikeluarkan lebih dari kesanggupan kamu dalam membayar, kamu perlu beralih mencari influencer lainnya. Ingat jangan sampai menghabiskan seluruh dana marketing hanya untuk endorse seorang influencer saja.